Rabu, 10 Desember 2008

Belajar SEO

Belajar SEO tuh sangat mudah dilakukan lho. Lalu, apanya yang susah, kok ndak semua web site bisa nongkrong di top ten hasil pencarian search engine? Nah, yang susah adalah konsistensi dan ketekunan saat melakukannya. Kenapa? Karena yang namanya algoritma pencarian oleh search engine itu ndak pernah dibocorin ke siapapun juga, dan selalu berubah.

Para pakar SEO mempelajari cara SEO dari pengalaman empiris yang mereka alami sendiri dan mencoba membuat kesimpulan kira-kira seperti apa algoritma search engine itu.

Analoginya gini, seorang pembalap profesional gak perlu tahu cara membuat mobil dan mesinnya. Tapi mereka bisa pelajari cara menggunakan gas, rem dan kopling serta feeling mereka untuk bisa menggunakan motor mereka di arena balap dalam mencapai kemenangan. See?

Namun tentu saja ada prinsip-prinsip dasar yang dapat digunakan untuk membuat web site kita ada di halaman depan. Apa saja? Pada prinsipnya seo dapat dilakukan dengan menggabungkan beberapa hal berikut (kamu bisa analogikan prinsip ini dengan gas, rem, kopling pada motor pembalap kita tadi):

- content yang baik dan unik

- jumlah kata kunci yang pas

- penyesuaian tag

- link building

Namun satu hal perlu saya ingatkan kembali, bahwa ilmu seo ini bukan ilmu pasti . Kamu butuh ketekunan dan implementasi terhadap prinsip yang ada untuk mempelajari dan menyesuaikan diri dengan perubahan.

Ini artinya, kamu bisa tuh pelajari ilmu SEO, tapi untuk bisa memahami dan melakukannya dengan baik, kamu harus praktek sendiri. Kamu haru coba mendalami melalui pengalaman-pengalaman yang kamu alami sendiri. Dengan cara itu, maka ilmu SEO kamu akan semakin canggih dan selalu dapat menyesuaikan dengan perkembangan.

Hasilnya, tentu saja web site kamu mustinya bisa nongkrong di halaman depan hasil pencarian.

Siap untuk pelajaran selanjutnya? Pastinya dunks. C U di tutorial berikutnya.

Kamu mungkin pengen tahu kenapa harus belajar SEO? Lihat aja di tutorial SEO sebelumnya. Kalau kamu merasa tutorial ini bermanfaat, copy paste aja di blog ato web site kamu biar temen-temen kamu ikutan baca. Jangan lupa pasang link pengarang artikelnya ke Prothelon.com yah :).

Salam hangat.

0 komentar: